Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa itu Ekonomi (Ilmu Ekonomi) ?


Pernah mendengar kata “Ekonomi”? Tentunya, pernah. Pembicaraan mengenai ekonomi banyak sekali kita temukan saat berhubungan dengan teknologi dan kesejahteraan. Pada hakikatnya, seiring dengan berkembangnya teknologi maka ekonomipun akan berkembang. Demikian pula dengan kesejahteraan. Sejahtera adalah dimana suatu kondisi setiap individu berada pada tingkat ekonomi yang baik dan kebutuhannya terpenuhi secara layak. Lalu apa yang dimaksud dengan ekonomi atau ilmu ekonomi itu?



Ilustrasi Gambar dari Dokumen Pribadi 

Ilmu Ekonomi merupakan salah satu dari cabang ilmu sosial yang mengkaji perilaku manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan yang dihadapkan pada keterbatasan sumber daya yang tersedia. Sehingga pokok masalah yang dihadapi masyarakat yang merupakan bagian dari kajian ilmu ekonomi adalah ‘Bagaimana manusia memanfaatkan sumber daya (resousces) yang tersedia untuk dipakai memenuhi kebutuhannya”.

Cakupan ekonomi cukuplah luas, sehingga terdapat banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahli ekonomi. Definisi ekonomi atau ilmu ekonomi diantaranya yaitu :

  1. Ilmu yang mempelajari kegiatan yang menyangkut produksi dan transaksi.
  2. Ilmu yang mempelajari setiap aktivitas dan perubahan yang terjadi dalam keseluruhan perekonomian.
  3. Ilmu yang mempelajari bagaimana orang memilih dan menggunakan sumber daya produksi yang langka (terbatas) untuk menghasilkan berbagai komoditi dan menyalurkan  keberbagai anggota masyarakat untuk di konsumsi.
  4. Ilmu  yang  mempelajari  perilaku  manusia  dalam   mengusahakan   dan   mengatur kegiatan Produksi dan konsumsinya.
  5. Ilmu yang mempelajari tentang uang, suku bunga, modal dan kekayaan.

Dari beberapa definisi mengenai ilmu ekonomi di atas, dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mengkaji perilaku manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan yang dihadapkan pada kendala terbatasnya sumber daya yang tersedia. Kebutuhan manusia terus berkembang sedangkan sumber daya yang tersedia jumlah sangat terbatas, sehingga akhirnya manusia harus menentukan pilihan tentang kebutuhan apa yang dipilih yang disesuaikan dengan kondisi sumber daya yang tersedia. Setiap pilihan diupayakan menghasilkan tingkat kepuasan tertinggi pada masyarakat.

Sumber daya ekonomi yang tersedia yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan. Sumber daya dibagi menurut kelompok sumber daya alam (natural resources) dan sumber daya manusia (human resources).

Berdasarkan kerangka kajian ilmu ekonomi, sumber daya dibagi kedalam 4 katagori, yaitu :
1.      Tanah (land)
2.      Tenaga kerja (labour)
3.      Barang modal (capital)
4.      Keahlian (skill / entrepreunership)

Ilmu Ekonomi menghendaki manusia berperilaku menggunakan resources dengan  sebaik-baiknya, Secara individual  tercapai kepuasan maksimal perorangan dan secara keseluruhan (masyarakat)  tercapai kemakmuran (welfare) seluruh  masyarakat sebagaimana yang telah dibahas di awal.

Sebagai suatu ilmu, Ekonomi  adalah  ilmu   sosial  (non eksakta)  yang  mengkaji  perilaku   manusia walaupun  dalam  proses  pengkajiannya  banyak  meminjam  ilmu  exacta sebagai  alat analisis. Kesulitan   yang    dihadapi   dalam   mengkaji  Ilmu  Ekonomi  adalah hukum-hukumnya  bersifat relatif, untuk keberlakuan didasarkan pada asumsi-asumsi.

Post a Comment for "Apa itu Ekonomi (Ilmu Ekonomi) ?"