Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Studi Kelayakan Proyek?

Secara sederhana, studi dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang mendalam mengenai suatu topik pembahasan tertentu secara spesifik. Studi Kelayakan Proyek merupakan studi atau kajian yang dilakukan sebelum proyek dilaksanakan untuk mengetahui apakah proyek tersebut layak untuk dilaksanakan dengan mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya yaitu faktor peluang dan kebutuhan, faktor teknis, faktor lingkungan dan sosial, faktor ekonomi, faktor keuangan, faktor regulasi dan kelembagaan, serta faktor risiko dari pelaksanaan proyek tersebut.



Ilustrasi gambar dari fastweb.com

Menurut Ichsan (1998) studi merupakan suatu usaha sadar untuk mempelajari, meneliti, menyelidiki, membaca, menganalisis, menanyakan, merenungkan, membandingkan, memikirkan,  atau  merefleksikan  secara  mendalamdan  seksama  tentang  sesuatu  hal  yang  menjadi obyek pengamata. Sedangkan kelayakan adalah sesuatu yang wajar, pantas, dan patut untuk dikerjakan (Balai Pustaka, 1989)

Jadi, studi kelayakan adalah suatu usaha sadar dalam mempelajari suatu objek pengamatan untuk memastikan kelayakan dari objek tersebut. Studi kelayakan dibedakan menjadi dua bagian yaitu studi kelayakan bisnis dan studi kelayakan proyek.

Bisnis menurut Umar (2000) adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh individu atau kelompok yang identik dalam bidang perniagaan dan  industri yang menyediakan barang atau jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup. Sehinga studi kelayakan bisnis adalah suatu usaha sadar dalam mempelajari suatu objek bisnis untuk memastikan kelayakan dari bisnis tersebut.

Umar (2000) mendefinisikan proyek sebagai suatu pendirian usaha baru atau pengenalan suatu usaha  baru ke  dalam suatu bauran produk yang sudah ada dengan cara menginvestasikan sumber daya yang  dapat dinilai secara independent.

Studi kelayakan proyek merupakan suatu studi secara mendalam dan seksama tentang berbagai aktivitas yang akan dikerjakan di masa mendatang untuk melihat  atau mengetahui  tingkat kelayakan  laba yang  mungkin akan  diperoleh (Moch. Ichsan, dkk : 1998)

Sedangkan menurut Umar (2000) studi kelayakan proyek adalah suatu   penelitian  tentang   layak  tidaknya  suatu   proyek untuk dilaksanakan. Jadi, studi kelayakan proyek yaitu suatu usaha sadar dalam mempelajari suatu objek proyek untuk memastikan kelayakan dari proyek tersebut.

Studi kelayakan proyek ini sangatlah penting karena dengannya kita bisa mengetahui dan mempertimbangkan bukan hanya mengenai input, proses, dan output suatu proyek saja tetapi juga memperhatikan outcome dari proyek tersebut jika dilaksanakan.

Abdul Nasir - POLBAN | Apa Itu Studi Kelayakan Proyek? | Doelnasir ID

Post a Comment for "Apa Itu Studi Kelayakan Proyek?"