Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Memahami Penawaran dalam Ekonomi Secara Mudah

Setelah membahas mengenai Permintaan, maka pembahasan selanjutnya yaitu mengenai Penawaran. Dalam ilmu ekonomi penawaran biasanya disimbolkan dengan S atau Supply. Lalu, apa itu penawaran?
Penawaran menunjukan  berbagai  jumlah  barang  yang  tersedia untuk dijual oleh produsen pada  berbagai  tingkat  harga  barang  yang  bersangkutan   dan   faktor lain yang mempengaruhinya. Apa saja faktor lain tersebut?

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu Harga barang itu sendiri (PX), Harga barang-barang lain (Py) yang mempunyai hubunngan dengan barang tersebut (bersifat substitusi atau komplementer), Biaya Produksi, Tujuan Perusahaan, dan Teknologi yang digunakan.

Seperti halnya Permintaan, penawaranpun memiliki suatu ketetapan atau hukum. Adapun hukum penawaran yaitu menggambarkan hubungan harga dengan penawaran terhadap barang yang bersangkutan, jika harga (PX)  meningkat  maka penawaran (QSX) meningkat sebaliknya jika harga menurun maka  penawaran  akan  menurun,  dengan  asumsi Cateris Paribus (faktor lain yang mempengaruhi  penawaran, selain harga barang yang bersangkutan, tidak mengalami perubahan).

Lalu, apa yang menyebabkan terjadinya hukum penawaran?
Terdapat 3 (tiga) alasan yang menjadi penyebab terjadinya hukum penawaran, yaitu efek substitusi, efek pendapatan, dan marginal cost yang semakin tinggi.

Berikut ini adalah skedul penawaran barang (pakaian) pada berbagai tingkat harga.   
              
Kondisi
Harga (PX),
( Rp )
Penawaran (QSX),
( Unit )
A
B
C
D
E
10
20
30
40
50
160
200
250
340
400

Hukum Penawaran “Jumlah  penawaran  suatu  barang  berbanding  sejajar   dengan harganya” Jika suatu barang naik maka penawaran akan naik dan sebaliknya.

Grafik / kurva  Penawaran
  
Penawaran memiliki suatu fungsi dengan rumus :
         QSx = a + bPx
Keterangan :
QSx  = jumlah barang yang ditawarakan
c       = konstanta, menunjukan barang yang jual  pada saat harga nol.
d      = koefisien kemiringan kurva penawaran, menunjukan berapa besar perubahan barang yang dijual akbat perubahan harga   jual, d(QSX) / d(Px)
Px   = Harga barang X

Contoh :  QSx=  100 + 0,3 Px

Perubahan  jumlah  yang  ditawarkan  adalah   perubahan  sejumlah barang tertentu yang dijual   pada   berbagai   tingkat  harga  dalam  waktu  tertentu  sebagai akibat perubahan harga barang itu sendiri sedangkan faktor lain dianggap tetap.

Perubahan    penawaran     adalah    perubahan  jumlah   barang    yang     jumlah produsen dipasar, meningkatnya biaya produksi dan  berubahnya teknologi.

Ada 4 (empat) hal yang menjadi faktor-faktor yang menyebabkan pergeseran kurva penawaran yaitu perubahan jumlah produsen, adanya perubahan harga variable cost, perubahan di bidang teknologi, dan adanya perubahan produksi (expectations).

Seperti halnya permintaan, penawaran terdiri dari dua jenis, yaitu penawaran individu dan penawaran kelompok.

Grafik Perubahan Penawaran      

Post a Comment for "Memahami Penawaran dalam Ekonomi Secara Mudah"