Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Memahami Permintaan dalam Ekonomi Secara Mudah

Dalam ilmu ekonomi, yang pertama kali kita pelajari tentunya adalah permintaan dan penawaran. Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi pengetahuan seputar permintaan. Apa itu permintaan?
Anda mungkin pernah meminta sesuatu, atau memesan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan anda. Dalam ekonomi, Permintaan atau demand menunjukkan berbagai jumlah barang yang bersedia/diminta (biasanya dinotasikan dengan QdX) oleh konsumen pada berbagai tingkat harga barang yang bersangkutan dan faktor lain yang mempengaruhinya. Lalu, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan?

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dalam ilmu ekonomi biasanya terdiri dari harga barang itu sendiri, harga barang-barang lain yang mempunyai kaitan erat dengan barang tersebut (bersifat substitusi atau komplementer), pendapatan rumah tangga dan masyarakat, corak distribusi pendapatan, selera masyarakat, jumlah penduduk, serta perkiraan keadaan ekonomi di masa yang akan datang.

Sebagai suatu teori, permintaan dalam ilmu ekonomi memiliki suatu hukum yang bersifat absolut, yaitu “Apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan” berdasarkan demikian, maka jumlah barang yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang.

Yang menjadi penyebab terjadinya hukum permintaan yaitu efek subtitusi (substitution effet), efek pendapatan (income effect), marginal utility yang semakin berkurang (the law of marginal diminishing utility).

Berikut ini merupakan tabel yang menunjukan jumlah barang yang diminta pada  berbagai tingkat harga.

Kondisi
Harga
Permintaan
A
B
C
D
E
50
40
30
20
10
20
40
60
80
100

Dari tabel di atas dapat digambarkan kurva permintaan (demand curve) sebagaiberikut :




Selain memiliki suatu hukum, permintaan juga memiliki suatu fungsi yang disebut fungsi permintaan. Fungsi dalam konteks ini bukanlah fungsi yang mengarah kepada kebergunaan dan manfaat sesuatu tetapi mengarah kepada suatu konteks matematis. Fungsi dari permintaan yaitu :
Qdx = a – bPx
Keterangan
Qdx = Jumlah barang yang diminta
A = konstanta, menunjukan barang yang  diminta pada saat harga nol.
b = koefisien kemiringan kurva permintaan, menunjukan berapa besar perubahan barang yang diminta akibat perubahan harga  jual, d(QdX) /  d(Px)
Px   = Harga barang X
Misalnya suatu fungsi permintaan sebagai berikut ini :  Qdx=  350 – 0,5 Px

Permintaan dalam ilmu ekonomi dibedakan menjadi dua, yaitu permintaan individu dan permintaan pasar. Secara singkat, permintaan individu adalah permintaan dari masing-masing konsumen, sedangkan permintaan pasar adalah permintaan beberapa konsumen dalam suatu pasar.

Permintaan Individu  adalah  permintaan  dari  seorang   konsumen  terhadap  suatu barang. Secara matematis dinotasikan sebagai
QdX  =  f ( PX )
Sedangkan Permintaan Pasar adalah permintaan dari seluruh konsumen yang ada di pasar untuk suatu barang. Secara matematis dinotasikan sebagai      
QDX   =  f ( PX )

P (Harga)
Konsumen A
Konsumen B
Permintaan Pasar
50
50
100
150
40
100
200
300
30
150
300
450
20
200
400
600
10
250
500
750

Terdapat dua perubahan yang mendasar pada teori permintaan, yaitu perubahan jumlah barang yang diminta dan perubahan permintaan. Keduanya merupakan hal yang berbeda. Perubahan Jumlah  yang  diminta  adalah  berubahnya  jumlah  barang yang  diminta dalam  waktu  tertentu  sebagai  akibat  berubahnya harga barang itu sendiri sedangkan faktor lain dianggap tetap. Sedangkan Perubahan Permintaan  adalah  perubahan  jumlah  yang  diminta pada suatu tingkat harga  dalam  suatu  periode  tertentu  sebagai  akibat  perubahan faktor yang dianggap tetap seperti selera konsumen, atau faktor lainnya.

Post a Comment for "Memahami Permintaan dalam Ekonomi Secara Mudah"