Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa itu Ekonomi Publik - Pendahuluan

Ekonomi sebagai suatu ilmu tentunya sangat diperlukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, baik secara individual maupun secara kelompok. Pembahasan ilmu ekonomi akan selalu beriringan dengan pembahasan mengenai bisnis. Dalam aspek pemerintahan, kajian ekonomi lebih spesifik dengan pembahasan penerapan ilmu ekonomi dalam sektor publik atau sektor pemerintahan yang mana lebih dikenal dengan istilah ekonomi pembangunan dan ekonomi publik. Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai ekonomi publik saja sebagai suatu pendahuluan untuk pembahasan lebih mendalam lagi pada artikel selanjutnya.

Apa itu Ekonomi Publik?


Ekonomi publik merupakan cabang pembahasan dalam ilmu ekonomi yang mana ekonomi publik lebih fokus untuk menelaah masalah-masalah ekonomi pada cakupan publik / masyarakat / pemerintah / negara. Pembahasan ekonomi publik mencakup kebijakan subsidi dan pajak, regulasi atau deregulasi, nasionalisasi dan privatisasi, sistem jaminan sosial, ketahanan pangan, kebijakan teknologi, pertahanan dan keamanan, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Dalam karakter pemerintahan di Indonesia, kekuasaan negara dipisahkan menjadi kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif (Montesqieu). Dalam pelaksanaannya, kekuasaan eksekutif biasanya paling berpengaruh terhadap suatu perekonomian di suatu negara. Adapun peranan pemerintah dalam perekonomian yaitu :
  1. Menetapkan kerangka hukum (legal framework) yang melandasi suatu perekonomian
  2. Memberikan regulasi perekonomian dengan alat subsidi dan pajak,
  3. Memproduksi komoditas tertentu dan menyediakan berbagai fasilitas seperti kredit, penjaminan simpanan, dan asuransi
  4. Membeli komoditas tertentu termasuk yang dihasilkan oleh perusahaan swasta
  5. Meredistribusikan (membagi ulang) pendapatan dari suatu kelompok ke kelompok lainnya
  6. Menyelenggarakan sistem jaminan sosial

Permasalahan-permasalahan dalam ekonomi publik dibedakan menjadi dua kategori, yaitu masalah makro dan masalah mikro. Masalah kunci perekonomian pada sektor mikro diantaranya seperti distribusi produksi dan alokasi konsumsi, sedangkan untuk masalah makro misalnya seperti pengangguran, inflasi, kapasitas produksi, dan pertumbuhan ekonomi.

Sistem Perekonomian berkaitan dengan siapa (pemerintah atau bukan) atau bagaimana keputusan ekonomi diambil yakni melalui perencanaan terpusat atau mekanisme harga. Pandangan-pandangan tentang peran pemerintah dalam perekonomian semakin konvergen (artinya terlihat cenderung mendekat satu terhadap yang lain), maksudnya yaitu secara umum swasta harus mengambil peran utama dalam pasar. Namun apabila terjadi kegagalan pasar dan pemerintah berpotensi dapat memperbaiki kegagalan tersebut, maka semestinya pemerintah memperbaiki kegagalan tersebut.

Ekonomi publik sebagai suatu ilmu memiliki pendekatan ilmiah yang mana pendekatan tersebut menjamin kesimpulan yang ditarik dari suatu analisis bersifat sahih. Adapun analisis sektor publik terdiri dari empat tahap, yaitu :

  1. Deskripsi kegiatan pemerintah dalam perekonomian
  2. Kajian konsekuensi dari penerapan suatu kebijaka
  3. Tinjauan atas kriteria keberhasilan keputusan publik
  4. Evaluasi atas proses politik yang mengarah pada pengambilan keputusan tentang kebijakan publik


Demikianlah pembahasan mengenai Apa itu Ekonomi Publik ? | Suatu Pendahuluan. Semoga bermanfaat.

Apa itu Ekonomi Publik - Pendahuluan
Pengantar Ekonomi Publik – Pendahuluan Ekonomi Publik

Post a Comment for "Apa itu Ekonomi Publik - Pendahuluan"