Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Lulus Test Calon Karyawan Pimpinan PTPN VIII

Habis lulus kuliah, sebagian orang pasti akan merasa kebingungan untuk memutuskan apakah mau ngambil magister, kerja, atau menikah (hehe). Setiap pilihan yang akan kita ambil pasti akan selalu ada risikonya. Intinya, kita harus mempersiapkannya dengan perencanaan yang baik. Okay, di sini saya akan menceritakan pengalaman saya saat test masuk kerja di PTPN VIII sebagai Calon Karyawan Pimpinan (kurang lebih seperti MT).


Saya mendapatkan informasi lowongan ini melalui media sosial, dan dibuka lowongan untuk Asisten Keuangan. Saya akan sharing hal ini yang semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang menjadi jobseekers khususnya yang berencana akan mengikuti Test Masuk Kerja di PTPN Group atau PTPN VIII (Wilayah Jawa Barat dan Banten). Di akhir bulan Oktober 2019 dibuka lowongan pekerjaan sebagai Karyawan Pimpinan di tujuh PTPN (kalo gak salah) yang mana rekrutmennya dilakukan oleh Holding Perkebunan dan bekerjasama dengan PPM Manajemen. Waktu pendaftarannya juga cukup singkat yaitu hanya satu pekan saja, jadi harus gesit dalam mencari informasinya.

Berikut ini adalah beberapa tahapan Test Rekrutmen Calon Karyawan Pimpinan PTPN.


Seleksi Administrasi

Pada seleksi PTPN VIII kali ini menggunakan vendor PPM Manajemen. Dalam tahap ini kita harus mengupload dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan seperti KTP, Ijazah, Slip Nilai, Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan, dan Kartu Keluarga. Semuanya dalam bentuk scan. Pengisian identitas ini harus dilaksanakan dengan segera sebelum pendaftaran ditutup.

Kemudian kita menunggu kurang lebih satu pekan untuk melihat hasil dari seleksi administrasi ini. Tips saya, pastikan semua dokumen yang dipersyaratkan diupload semuanya dengan data yang dikirim harus terlihat jelas. Apabila IPK kalian 3,50 dan kalian pernah jadi pimpinan organisasi mahasiswa di kampus atau di organisasi luar kampus berdasarkan informasi dari berbagai sumber (teman-teman yang lulus) kalian mempunyai peluang lebih besar, karena memang ini nantinya kalian akan menjadi Karyawan Pimpinan.


Seleksi TPA

Setelah menunggu kurang lebih satu pekan, akhirnya saya dinyatakan lulus seleksi administrasi. Kemudian tahap selanjutnya yaitu Tes Potensi Akademik secara online. Test ini semacam test hitungan secara umum. Pastikan saat mengerjakan, kalian fokus dan mencermati soal-soal yang ada dan jangan lupa perhatikan durasi waktu. Untuk latihan, kalian bisa cari-cari soal di internet.


Wawancara Pendahuluan

Setelah lulus TPA, selanjutnya kita akan melakukan wawancara pendahuluan secara online. Pada waktu itu menggunakan salah satu convid platform yaitu Zoom. Pertanyaannya seputar kepribadian dan daily activities kita dan gambaran umum PTPN. Pastikan kalian sudah searching atau tanya-tanya seputar PTPN sebelum kalian wawancara pendahuluan ini.


Seleksi Psikotest, Test Bidang, dan Test Bahasa Inggris

Test ini dilaksanakan secara online. Untuk psikotest sama seperti biasanya, soal-soalnyapun masih standard. Tipsnya banyakin latihan soal aja. Pada waktu itu soal-soalnya berupa pilihan ganda saja.
Selanjutnya ada test bidang. Test tersebut dilaksanakan secara online dan untuk mengukur kemampuan bidang kita. Karena bidang saya keuangan, jadi ya ketika test bidang materinya seputar keuangan saja seperti ekonomi, akuntansi, dan pajak. Pada waktu dulu kalo saya lihat sih soalnya lebih banyak yang bagian pajak. Pelajari lagi materi yang pernah kalian dapat waktu ngampus.

Terus untuk Test bahasa Inggris itu soalnya sama seperti soal-soal yang ada dalam TOEIC atau TOEFL. Pelajai saja dari sana. Pada test ini alhamdulillah saya juga lulus. Next ke test berikutnya.


Seleksi Wawancara Bidang dan FGD Bahasa Inggris

Test selanjutnya yaitu Wawancara Bidang. Kita diharuskan datang langsung ke Kantor Direksi PTPN VIII. Wawancaranya seputar bidang Keuangan dan Akuntansi. Pertanyaan-pertanyaannya masih basic dan teoritis jadi pelajari lagi hal-hal dasar seperti Pengantar Akuntansi I dan II. Pajak juga ditanyakan. Kemudian kita akan diuji juga pengetahuan kita akan PTPN, setelah itu kita akan ditanya mengenai inovasi yang akan kalian kembangkan untuk PTPN kedepannya. Tipsnya, pelajari lagi hal-hal dasar yang principal, percaya diri, dan belajar berfikir kreatif (caranya gimana? Coba cari artikel-artikel mengenai suatu permasalahan di suatu kota atau daerah atau perusahaan/organisasi, kemudian coba kalian berpikir akan solusi yang mungkin bisa dilakukan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Pastikan solusi tersebut realistis untuk diterapkan).

FGD Bahasa Inggris. Ini adalah fase yang paling mendebarkan. Nantinya kita dibagi beberapa kelompok. Pada waktu itu kelompok saya terdiri dari 7 orang, lalu masuk ke suatu ruangan, disana sudah terdapat seorang fasilitator. Materi FGD nya sebenarnya tidak terlalu rumit, yakni masalah yang sering kita jumpai sehari-hari di suatu perusahaan. Kemudian kita harus memberikan solusinya serta kita harus memberikan tanggapan terhadap solusi dari teman kita. Kemudian diakhir kita harus menyimpulkan apa yang menjadi solusi terbaik. Mudah sih, yang bikin susahnya itu kalian harus talking pake bahasa inggris. Tapi yaa, sering berlatih aja. Kalo saya dulu seminggu sebelum test sering nonton video berita internasional dalam bahasa inggris di Youtube, lumayan membantu dalam meningkatkan skill listening kita. Setelah test, kita nunggu hasilnya kurang lebih 1,5 pekan. Dan, Taraaaaaaa saya lulus. Next ke test berikutnya.


Wawancara Direksi dan MCU

Tahap selanjutnya adalah Wawancara Direksi. Pada tahap ini kita ditanya lebih kepada komitmen, pola pikir, problem solving, dan studi kasus. Besoknya langsung MCU (Medical Checkup). Sebelum MCU ini nanti kita akan dikasih tipsnya oleh PPM seperti harus berpuasa, tidur yang cukup, dan lain sebagainya.

Setelah mengikuti rangkaian test yang cukup panjang ini. Di pengumuman hasil akhir, horeeee ternyata saya lulus. Awalnya gak nyangka sih, tapi Alhamdulillah. Ini amanah yang cukup besar bagi saya. Setelah dinyatakan lulus, sebelum kita diangkat sebagai Karyawan Pimpinan dan mendapatkan SK, kita akan mengikuti tahap-tahapan lagi seperti On the Job Traing Classical, On The Job Training Lapangan, dan Orientasi Jabatan. Saat saya menulis artikel ini, saya sedang melaksanakan On The Job Training Lapangan di Komoditi Kelapa Sawit Kebun Sukamaju, Sukabumi.


Demikianlah yang bisa saya sampaikan, apabila ada hal-hal yang masih ingin ditanyakan atau kurang jelas silahkan bisa tulis di komentar atau bisa langsung menghubungi saya. Saya sharing pengalaman ini sebagai bentuk rasa syukur saya dan untuk memberikan insight bagi kalian yang mungkin berniat kerja di PTPN. Saya juga dulu sebelum test, mencari informasi di internet. Banyak juga yang sharing tentang hal ini namun mereka jarang yang lolos sampai akhir. Untuk itu, artikel ini diharapkan dapat melengkapi itu semua.

Ditulis dengan hati yang bahagia, di tengah eloknya Kebun Sawit Sukamaju.

34 comments for "Lulus Test Calon Karyawan Pimpinan PTPN VIII"

  1. Mas setelah on the job training apakah ada yang tidak lulus, atau otomatis lulus semua? terimakasih.

    ReplyDelete
  2. On job training berapa lama kak? Ditempatkan sesuai domisilikah?

    ReplyDelete
  3. Abdul Nasir ID15 July 2020 at 10:50

    Nanti ada evaluasi lagi setiap tahapannya, yang jelas kita ikutin aja prosedur yang ada.

    ReplyDelete
  4. Abdul Nasir ID15 July 2020 at 10:55

    Nanti juga dikasih tahu kalo udah lulus atau pas nanti wawancara Direksi, sekarang fokus belajar gimana caranya lulus aja dulu test nya. Kalo penempatan nggk selalu sesuai domisili sih, pengaturannya ada di SDM.

    ReplyDelete
  5. Rizki Ramadhani Permana28 July 2020 at 13:30

    Kalau tahun ini setelah lulus administrasi namanya test intelegensi,, sama aja ya Mas dengan seleksi TPA? Brrti ada kayak verbal sama logika gitu juga ya Mas?
    Terimakasih sebelumnya Mas

    ReplyDelete
  6. Iya, Mas..

    ReplyDelete
  7. ka, MCU nya apa saja ya secara spesifik?

    ReplyDelete
  8. Andalia Ayu Putry28 August 2020 at 21:22

    Waktu tahap FGD semua pesertanya pake bahasa inggris kak? Atau ada yg masih campur inggris indo?

    ReplyDelete
  9. Bhs Inggris aja...

    ReplyDelete
  10. Windriya Dhayita Suwandahagni1 September 2020 at 21:36

    Kak, untuk MCU pemeriksaan mata minus apakah ada maksimalnya? Terimakasih

    ReplyDelete
  11. kurang tau jelasnya kalo itu, sepertinya nggk sih..

    ReplyDelete
  12. yoga fajar handhika16 September 2020 at 00:44

    mas, waktu MCU apakah ada pemeriksaan fisik seperti bekas operasi patah tulang dan pemeriksaan buta warna ?

    ReplyDelete
  13. Selamat pagi mas Abdul Nasir,
    Kira" berapa lama kah jarak antara pengumuman akhir dengan tahap interview direksi + MCU?

    Terimakasih mas, sukses selalu!

    ReplyDelete
  14. Halo Mas Yoga, apakah mas juga ikut yang seleksi CKP periode sekarang?

    ReplyDelete
  15. yoga fajar handhika16 September 2020 at 13:07

    iyaa mas, saya ikut seleksi periode skrg, melalui ppm manajemen recruitmen

    ReplyDelete
  16. Wah sama mas, waktu daftar pilih ptpn berapa mas?

    ReplyDelete
  17. yoga fajar handhika16 September 2020 at 20:40

    ptpn 1 dan 3 mas
    kalau mas nya ptpn brp?

    ReplyDelete
  18. yoga fajar handhika17 September 2020 at 10:14

    okeee mas, semangat mas
    semoga kita lulus mas
    😁😁😁😁

    ReplyDelete
  19. Mas untuk MCU ada pemeriksaan apa aja ya???

    ReplyDelete
  20. apakah ada tes buta warna dan minus??

    ReplyDelete
  21. Mas mau tanya untuk wawancara direksi itu apakah juga menggunakan bahasa inggris?

    ReplyDelete
  22. bhs Indonesia..

    ReplyDelete
  23. pemeriksaan seperti biasa MCU saja...

    ReplyDelete
  24. pagi... klo dulu hanya sehari sih...

    ReplyDelete
  25. Gan klo ditnya soal gaji freshgrad harusnya brpa ya? Mklum newbie alhamdulillah diberi kesemptan tes PTPN. Mohon bantuan nyaaaaa

    ReplyDelete
  26. rizal restu wicaksono25 September 2020 at 16:59

    Bang izin bertanya, untuk studi kasus tahan interview direksi dalam bentuk soal materi kuliah atau hal hal umum? Terimakasih 🙏🏼

    ReplyDelete
  27. Ahmad Zaki Mubarak29 September 2020 at 19:06

    Dari pengumuman lolos ke masuk kerja di PTPN itu jaraknya berapa lama mas? Terimakasih.

    ReplyDelete
  28. Ahmad Zaki Mubarak29 September 2020 at 19:09

    Assalamu'alaikum wr. wb Mas. Untuk wawancata direksi, pola pikir, problem solving, dan studi kasusnya seperti apa ya mas? Waktu itu mas pertanyaannya seperti apa?

    Dan dari pengumuman lolos diterima di PTPN ke masuk kerja PTPN itu jaraknya berapa lama ya mas?

    Terimakasih sebelumnya mas.

    ReplyDelete
  29. Pagi mas yoga. Saya ikut seleksi juga yg sekarang. Apakah sudah ada pengumuman ya hasil test akhir nya?

    ReplyDelete
  30. Pagi mas. Mau tanya apakah untuk pengumuman hasil seleksi akhir memang belum diumumkan ya?

    ReplyDelete
  31. Apakah sudah ada pengumuman wawancara direksi ya?

    ReplyDelete