Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengapa Memilih Jurusan Akuntansi Manajemen Pemerintahan?

Pendidikan adalah salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan di negeri ini. Berbagai penelitian juga mengemukakan bahwa semakin tinggi taraf pendidikan suatu bangsa maka akan semakin baik tingkat kesejahteraan bangsa tersebut.

Setelah menyelesaikan studi di sekolah menengah atas di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Sukabumi, saya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Politeknik Negeri Bandung dan mengambil program pendidikan akuntansi manajemen pemerintahan jurusan akuntansi. Pada artikel ini, saya akan menyampaikan mengapa saya memilih jurusan yang satu ini yakni akuntansi manajemen pemerintahan di Politeknik Negeri Bandung dan juga seperti apa prospek ke depannya dari jurusan yang satu ini.

Oiya, saya masuk Politeknik Negeri Bandung pada tahun 2015 dan insyaAllah (akan) LULUS di tahun 2019 ini. Berbicara mengenai alasan saya masuk jurusan ini sebenarnya bisa dibilang kebetulan (qadarullah). Saya masuk melalui jalur SMB POLBAN dengan dua pilihan program pendidikan. Ketika pengumuman, ehh ternyata dapatnya di jurusan ini, akuntansi manajemen pemerintahan.

Dulu tidak pernah searching mengenai prospek dari jurusan ini, yang penting kuliah aja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, saya cari-cari informasi mengenai prospek dan keunggulan kuliah di jurusan ini. Setelah saya mengetahuinya, ternyata prospeknya cukup keren, keren banget. Hal ini saya ceritakan berdasarkan berdasarkan referensi yang saya temukan di website Politeknik Negeri Bandung dan juga referensi dari para alumni yang sudah bekerja.

Ketika waktu duduk di bangku sekolah menengah atas, saya beranggapan bahwa akuntansi ya akuntansi, sempit, hanya ngitung kas, membuat laporan keuangan, dan lain sebagainya. Namun setelah banyak membaca beberapa literasi, banyak hal yang merubah mindset saya terhadap akuntansi ini. Intinya, akuntansi bukan sekedar perhitungan saja, tetapi adalah pertanggungjawaban. Sehingga dengan demikian kebermanfaatan akuntansi pun merebah ke berbagai aspek. Akuntansi juga digolongkan ke dalam beberapa golongan atau kelompok, ada akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi lingkungan, akuntansi sektor publik, akuntansi syariah, akuntansi manajemen, dan lain sebagainya. Naah, pada kesempatan kali ini saya akan bahas satu aja yaitu AKUNTANSI MANAJEMEN PEMERINTAHAN.

Ilustrasi Gambar dari hadsystem.com

Jurusan akuntansi manajemen pemerintahan di Indonesia hanya terdapat di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) saja. Di perguruan tinggi lainnya biasanya menggunakan istilah akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, dan keuangan negara. Akuntansi manajemen pemerintahan di Politeknik Negeri Bandung merupakan program pendidikan Sarjana Terapan (D-IV). D-IV ini setara dengan S1 (Baca di Surat Edaran Kemenristekdikti, googling aja) sehingga Anda bisa langsung melanjutkan ke S2 apabila sudah LULUS nantinya.

Lalu seperti apakah profil lulusan dari Sarjana Terapan Akuntansi Manajemen Pemerintahan?


Sebagai teknisi ahli akuntansi dalam mengelola anggaran di sektor publik, seorang Sarjana Terapan yang mampu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengandalian anggaran dan kegiatan sehingga mampu memetakan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan di sektor publik, selain itu juga mampu melaksanakan fungsi perbendaharaan sesuai dengan pagu anggaran dan efisiensi pengelolaan kas, menyajikan laporan keuangan dan non keuangan di sektor publik, kemudian mampu menyediakan informasi  keuangan dan non keuangan di sektor publik terkait dengan tahapan proses penyusunan laporan keuangan dan non keuangan  untuk memastikan kesesuaian dengan SAP dan peraturan perundangan yang berlaku.

Selain itu juga sebagai lulusan akuntansi manajemen pemerintahan harus mampu merencanakan dan menyusun program audit keuangan dan audit kinerja sektor publik dengan menggunakan standar pemeriksaan yang berlaku. Kemudian mampu  mengelola (mulai dari merencanakan, menganggarkan, mengadakan, menggunakan dan menghapuskan) aset publik.

Itu merupakan beberapa profil dari lulusan akuntansi manajemen pemerintahan. Saat Anda kuliah di jurusan ini, banyak sekali hal yang dipelajari. Anda seolah-olah mengambil dua jurusan, yakni jurusan akuntansi dan jurusan manajemen pemerintahan. Namun, dengan demikian tentunya akan semakin menambah khasanah ilmu dan wawasan kita.

Kita akan belajar mengenai dasar-dasar akuntansi, akuntansi menengah, dan jenis-jenis akuntansi lainnya. Kemudian kita akan mendapatkan mata kuliah penganggaran negara (di sini kita akan belajar mengenai penyusunan anggaran di instansi pemerintah serta realisasinya seperti APBD dan APBN). Matakuliah lainnya yang akan didapatkan adalah manajemen pemerintahan (ini adalah matakuliah favorite saya, hehe).

Perlu anda ketahui juga, Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) ini hampir di setiap jurusan menerapkan pembelajaran dengan software. Meskipun jurusan akuntansi namun anda akan mendapatkan juga matakuliah dasar-dasar pemrograman, atau istilahnya komputerisasi akuntansi. Naaah, ini yang paling menantang banget. Disamping harus mahir mengoperasikan software-software akuntansi yang ada (seperti MYOB, accurate, zahir, dan lain-lain) kita juga dituntut untuk membuat aplikasi yang terkait dengan akuntansi dan keuangan.

Lulusan akuntansi manajemen pemerintahan bisa bekerja di industri swasta ataupun di sektor publik (pemerintahan). Banyak juga alumni yang bekerja di industri nasional bahkan multinasional. Kalau di pemerintahan itu tentunya sudah pasti. Sehari-hari kita bergelut dengan akuntansi pemerintahan sehingga apabila bekerja di sektor pemerintahan (bagian keuangan/akuntansi) kita akan menjadi AHLInya. Begitupun jika di sektor industri, kita dijejali juga dengan berbagai materi akuntansi yang digunakan di sektor industri.

Profil industri dan perusahaan dimana para alumni menempuh karir mereka adalah pada instansi pemerintahan baik pada tingkat pemerintahan pusat, propinsi, kabupaten dan pemerintahan kota dalam bidang perencanaan dan penganggaran, pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan Negara. Penggunaan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dibutuhkan dunia usaha dan industri. Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Manajemen Pemerintahan memiliki kelas kerjasama dengan instansi pemerintah.

Setelah membaca panjang lebar hal-hal di atas, tertarik kan masuk akuntansi manajemen pemerintahan polban?

Lalu, Mengapa Memilih Jurusan Akuntansi Manajemen Pemerintahan POLBAN? Jawabannya adalah, karena semesta telah memilih saya.

Abdul Nasir | Akuntansi Manajemen Pemerintahan - Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)
AMP POLBAN 2015

Post a Comment for "Mengapa Memilih Jurusan Akuntansi Manajemen Pemerintahan?"